Mengenai Saya

Foto saya

Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu dari saya untuk semuanya tanpa terkecuali. Perkenalkan Saya... Dengan Nama asli: Toso Wijaya. D.  Nama Lahir saya: Djaka Tolos. Dan Akrab di panggil Wong Edan Bagu atau WEB dalam dunia Spiritual Laku Ketuhanan. saya lahir di lereng gunung ciremai Cirebon jawa barat. Pada hari Rabu Pon, tgl 13/08/1959, Anak kedua dari empat bersaudara, yang lahir dari kedua orang tua, Bapak Bernama: Matsalim dan Ibu Bernaman Dewi Arimi.  Mulai dari Nenek moyang hingga ke bapak ibu sampai ke saya sendiri. Kami Suka Berspiritual. artinya... suka mempelajari hal-hal yang ga'ib. Tapi bukan sembarang Ghaib, karena Ghaib yang saya pelajari, adalah Ghaib-Nya Dzat Maha Suci Hidup (TUHAN). Bukan yang lain.  Karena itu Sejak usia 9 tahun, saya sudah mempelajari ilmu-ilmu katikjayan, kususnya ilmu kanuragan dan ilmu jaya kawijayan Warisan dari para leluhur saya di telatah tanah pasundan. Sebagai bekal untuk mengembara dalam melacak jejak Dzat Maha Suci yang Gha'ib.  

Dan setelah melalui berbagai macan dan banyak lika liku proses kehidupan. saya berhasil menemukan intisari pati Laku Spiritual Hakikat Hidup yang sebenarnya, dari semua dan segalanya tentang Hidup dan Kehidupan BerTuhan... dan sejak itulah, saya berhenti mengembara dan berpetualang. Lalu menekuni secara Khusus/Istiqomah Laku Spiritual Hakikat Hidup. Yang pelajarannya saya dapatkan, dikala puasa ngebleng di goa singabarong pulau nusa kambangan cilacap jawa tengah,  yaitu,,. Wahyu Panca Laku. Cara untuk Mempraktekan Wahyu Panca Gha'ib, yang hanya mempelajari Hidup dan kehidupan serta Dzat Maha Suci Hidup, bukan yang lainnya... disamping terus belajar dan belajar, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saya... Karena saya tidak suka Neko-neko. Saya membuka Pengobatan dan Konsultasi Alternatif Tradisional, mempraktekan ilmu pengobatan spesialist Stroke. Dengan Cara Terapi Pijat Urut dan Jamu Herbal Ramuan Sendiri. Yang pernah saya Pelajari dari beberapa orang Guru saya... Dan semoga, apa yang saya lakukan ini. bisa dan dapat bermanfaat pada diri saya sendiri dan buat semua saudara-saudari saya tanpa terkecuali..... Itulah sekelumit tentang saya dan mohon maklumnya jika terkesan berlebihan; Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu dari saya untukmu sekalian... _/!\_

Minggu, 29 Oktober 2017

FILSAFAT awam tentang KETUHANAN:

FILSAFAT awam tentang KETUHANAN:
Oleh: Wong Edan Bagu.
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan.
Brebes Jateng. Hari Senin. Tanggal 30 Oktober 2017.

Tuhan atau ilah,,, ialah sesuatu yang dipentingkan atau dianggap penting oleh manusia sedemikian rupa-nya.

Rasa cinta kasih sayang yang amat sangat, sehingga manusia merelakan dirinya dikuasai oleh-Nya.

Perkataan dipentingkan. Hendaklah diartikan secara luas. Tercakup di dalamnya yang dipuja, dicintai, dikasihi, disayangi, diagungkan, diharap-harapkan dapat memberikan kemaslahatan atau kegembiraan, atau kebahagiaan, ketenteraman dan termasuk pula sesuatu yang ditakuti akan mendatangkan bahaya atau kerugian yang teramat besar dan fatal.

Atas dasar definisi ini, Tuhan itu bisa berbentuk apa saja, yang dipentingkan manusia itu sendiri.  Yang pasti, manusia tidak mungkin ateis. Artinya; tidak mungkin tidak ber-Tuhan.

Berdasarkan logika yang saya kombinasikan dengan Al-Quran dan kitab-kitab lainnya. Setiap manusia pasti ada sesuatu yang diperTuhankannya.

Dengan begitu, orang-orang ateis dan komunis sekalipun, pada hakikatnya ber-Tuhan juga.

Adapun Tuhan mereka ialah ideologi atau angan-angan mereka sendiri. Dalam tuntunan Islam diajarkan kalimat “la ilaaha illa Allah”

Susunan kalimat tersebut, dimulai dengan peniadaan, yaitu “tidak ada Tuhan”, kemudian baru diikuti dengan penegasan “melainkan Allah”.

Hal itu berarti bahwa seorang muslim harus membersihkan diri dari segala macam Tuhan dogma terlebih dahulu, sehingga yang ada dalam hatinya hanya ada satu Tuhan, yaitu Dzat-Nya. Dzat Maha Suci Hidup yang menghidupkan dan mematikan semua dan segalanya.

Menurut pengamatan saya pribadi, ketika masih suka membaca kitab-kitab sejarah dunia dan kehidupan di dalamnya. Secara garis besar, pemikiran umat Islam tentang ketuhanan timbul sejak wafatnya Nabi Muhammad. Secara sederhananya, ada aliran pemikiran bersifat liberal, tradisional, dan di antara keduanya.

Sebab timbulnya berbagai aliran Islam tersebut, lantaran karena adanya perbedaan metodologi dalam memahami alqur’an dan hadits dengan pendekatan kontekstual, sehingga lahir aliran bersifat liberal.

Sebagian umat Islam memahami dengan pendekatan tekstual, lahirlah aliran bersifat tradisional atau adat. Sedangkan “memadukan” kedua pemikiran tersebut, lahirlah aliran yang bersifat antara liberal dengan adat/tradisional.

Di antara aliran tersebut adalah sebagai berikut;
1. Mu’tazilah.
Disebut sebagai kaum rasional, yang menekankan pemakaian akal secara intensif, dalam memahami semua ajaran dan keimanan.

Salah satu pemikiran mereka adalah; Orang Islam yang berbuat dosa besar, maka ia tidak kafir dan tidak mukmin. Melainkan Ia berada di antara dua posisi tersebut.  "manzilah bainal manzilatain”

2. Qodariah.
Disebut sebagai Manusia mempunyai kebebasan dalam berbuat dan berkehendak. Artinya;  Prediket kafir atau mukmin didasarkan atas pilihan dan tanggung jawabnya sendiri.

3. Jabariah.
Di sebut sebagai manusia tidak mempunyai kemerdekaan dalam berbuat atau berkehendak. Artinya; Semua perilaku manusia di tentukan dan dipaksa oleh Allah.

4. Asy’ariyah dan Maturidiah. Yang maksudnya adalah. Pendapatnya berada di antara Qadariah dan Jabariah.

Sedangkan Konteks literatur historis agama pemikiran tentang Tuhan, dikenal dengan teori evolusionisme atau suatu proses kepercayaan tingkat sederhana sampai menjadi tingkat sempurna.

Tokoh atau Pemikir dan penganut yang mengemukakan teori evolusionisme. Adalah; Max Muller, EB Taylor, Robertson Smith, Lubbock dan Jevens. Yang hampir semua buku ciptaannya pernah saya baca dan pelajari.

Intinya...
Dengan konsep pemikiran baratnya tentang tuhan; Tuhan Dinamisme, Animisme, Politeisme, Henoteisme, Monoteisme. Maksudnya; KeImanan Dan KeTaqwaan.

Akidah Islam dalam al-Qur’an disebut iman. Iman bukan hanya berarti percaya atau yakin bahkan bakul yakin.

Melainkan Kesadaran Murni yang mendorong seseorang untuk bertaubat dan berserah diri hanya kepada Tuhan, lalu menapaki jalan-Nya untuk menuju-Nya kembali.

Seseorang bisa dinyatakan iman,  bukan hanya karena percaya dan yakin terhadap sesuatu, melainkan  terdorong oleh kesadaran murninya untuk insyaf lalu melakukan bertaubatan dan penyerahan serta pengabdian kepada Sang Hyang Dzat segala dan semuanya.

Jadi, untuk melihat keimanan seseorang, dapat kita lihat dari ucapan/perkataan dan perbuatanya, sesuai dengan apa yang sedang di pelajarinya atau tidak.


Semakin tinggi pengusaan dan pengamalan seseorang berdasarkan Laku Spiritualnya. Maka semakin baik pulalah imannya. Begitu juga sebaliknya.


Sedangkang taqwa itu bisa dikatakan sebagai bentuk nyatanya  dari iman seseorang. Seseorang yang beriman dapat dilihat dari ketaqwaanya dalam menjalankan perintah dzat maha suci dan tidak melakukan yang bukan perintah-Nya.

Intinya; seseorang yang taqwa,  adalah seorang hamba yang melindungi imannya dari hal-hal yang ditakutinya. Yaitu kotoran hati dan syahwat.

Jadi ketaqwaan seseorang hamba kepada Rab-Nya adalah ia yang  melindungi menjaga/melindungi hati dan syahwatnya dari hal-hal yang dia takuti. Sebab; Jika hati dan syahwat itu ternoda/terkotori. Maka kemustahilan lah yang akan di perolehnya dalam Inna Lillaahi Wa Inna Illaihi Raji'un atau Laku Murni Menuju Suci.

Duh... Gusti Ingkang Moho Suci. Pencipta dan Penguwasa alam semesta seisinya. Bapak Ibu dari segala Ilmu Pengetahuan, sungguh saya telah menyampaikan Firman-Mu, kepada orang-orang yang saya Cintai. Kasihi dan Sayangi. maafkan lah saya, jika apa yang telah saya sampaikan, kepada orang-orang yang saya Cintai. Kasihi dan Sayangi, tidak membuat orang-orang yang saya Cintai. Kasihi dan Sayangi. segera Sadar dan menyadari akan kebenaran-Mu. Ampunilah orang-orang yang saya Cintai. Kasihi dan Sayangi., dan bukakanlah pintu hati mereka, dan terangilah dengan Rahmat-Mu, agar tidak ada lagi kegelapan dan kesesatan di hati orang-orang yang saya Cintai. Kasihi dan Sayangi. Damai dihati, damai didunia, damai Di Akherat.

Damai... Damai... Damai Selalu Tenteram. Sembah nuwun,,, Ngaturaken Sugeng Rahayu, lir Ing Sambikolo. Amanggih Yuwono.. Mugi pinayungan Mring Ingkang Maha Agung. Mugi kerso Paring Basuki Yuwono Teguh Rahayu Slamet.. BERKAH SELALU. Untuk semuanya tanpa terkecuali, terutama Para Sedulur, khususnya Para Kadhang Konto dan Kanti Anom Didikan saya. yang senantiasa di Restui Hyang Maha Suci Hidup..._/\_.... Aaamiin. Terima Kasih. Terima Kasih Dan  Terima Kasih*
Ttd: Wong Edan Bagu
Putera Rama Jayadewata Tanah Pasundan
Alamat; Desa. Gintung Lor. Blok. 1. Rt/Rw. 006/001. Kec. Susukan. Kab. Cirebon. Jawa Barat. Cirebon Indonesia 45166.
Telephon/SMS/WhatsApp/Line; 0858-6179-9966.
BBM; DACB5DC3”
@EdanBagu
www.wongedanbagu.com
http://putraramasejati.wordpress.com
http://facebook.com/tosowidjaya

Posting Komentar