Mengenai Saya

Foto saya

Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu dari saya untuk semuanya tanpa terkecuali. Perkenalkan Saya... Dengan Nama asli: Toso Wijaya. D.  Nama Lahir saya: Djaka Tolos. Dan Akrab di panggil Wong Edan Bagu atau WEB dalam dunia Spiritual Laku Ketuhanan. saya lahir di lereng gunung ciremai Cirebon jawa barat. Pada hari Rabu Pon, tgl 13/08/1959, Anak kedua dari empat bersaudara, yang lahir dari kedua orang tua, Bapak Bernama: Matsalim dan Ibu Bernaman Dewi Arimi.  Mulai dari Nenek moyang hingga ke bapak ibu sampai ke saya sendiri. Kami Suka Berspiritual. artinya... suka mempelajari hal-hal yang ga'ib. Tapi bukan sembarang Ghaib, karena Ghaib yang saya pelajari, adalah Ghaib-Nya Dzat Maha Suci Hidup (TUHAN). Bukan yang lain.  Karena itu Sejak usia 9 tahun, saya sudah mempelajari ilmu-ilmu katikjayan, kususnya ilmu kanuragan dan ilmu jaya kawijayan Warisan dari para leluhur saya di telatah tanah pasundan. Sebagai bekal untuk mengembara dalam melacak jejak Dzat Maha Suci yang Gha'ib.  

Dan setelah melalui berbagai macan dan banyak lika liku proses kehidupan. saya berhasil menemukan intisari pati Laku Spiritual Hakikat Hidup yang sebenarnya, dari semua dan segalanya tentang Hidup dan Kehidupan BerTuhan... dan sejak itulah, saya berhenti mengembara dan berpetualang. Lalu menekuni secara Khusus/Istiqomah Laku Spiritual Hakikat Hidup. Yang pelajarannya saya dapatkan, dikala puasa ngebleng di goa singabarong pulau nusa kambangan cilacap jawa tengah,  yaitu,,. Wahyu Panca Laku. Cara untuk Mempraktekan Wahyu Panca Gha'ib, yang hanya mempelajari Hidup dan kehidupan serta Dzat Maha Suci Hidup, bukan yang lainnya... disamping terus belajar dan belajar, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saya... Karena saya tidak suka Neko-neko. Saya membuka Pengobatan dan Konsultasi Alternatif Tradisional, mempraktekan ilmu pengobatan spesialist Stroke. Dengan Cara Terapi Pijat Urut dan Jamu Herbal Ramuan Sendiri. Yang pernah saya Pelajari dari beberapa orang Guru saya... Dan semoga, apa yang saya lakukan ini. bisa dan dapat bermanfaat pada diri saya sendiri dan buat semua saudara-saudari saya tanpa terkecuali..... Itulah sekelumit tentang saya dan mohon maklumnya jika terkesan berlebihan; Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Berkah Selalu dari saya untukmu sekalian... _/!\_

Selasa, 04 November 2014

WEJANGAN LAKU HAKIKAT HIDUP: No.8

ADOH TANPA WINANGEN.
Dengan Tema: GALILAH RASA YANG MELIPUTI SELURUH TUBUHMU. KARENA DI DALAM TUBUHMU. ADA FIRMAN TUHAN YANG BISA MENJAMIN HIDUP MATIMU DAN DAPAT MENJAMIN DUNIA AKHERATMU ;
Oleh: Wong Edan Bagu.

KARAKTER TIDAK DEWASA ! MENJENGKELKAN !!
Sepanjang perjalanan hidup saya di dunia kerja selalu dikelilingi dengan orang yang tidak dewasa. Tidak dewasa yang saya maksudkan adalah karakter, sifat, pola pikir, dan tingkah lakunya. Beberapa orang tidak dewasa karena kurang pengalaman, terlalu naif, dan terlalu idealis. Sebagian sudah berkepala tiga dan memiliki anak tetapi karakternya kekanak-kanakan. Sisanya sudah tua tapi pola pikirnya di bawah umur. Saya yakin, 100%. Keadaan anda tidak jauh berbeda dari saya. Di rumah, di tempat kerja, pelanggan anda, atau supplier anda pasti ketemu dengan seseorang yang karakternya tidak dewasa ! Apa obatnya ? Bagaimana solusinya ?

Karakter yang Menjengkelkan.
KARAKTER TIDAK DEWASA PASTI MENJENGKELKAN:
Salah satu tanda ketidak dewasaan seseorang adalah menjengkelkan kita. Mengapa kita bisa bete ? Karena dia sak karepe dewe alias KarDe. Dia tidak bisa menerima pendapat orang yang berbeda dengan pendapatnya. Dia tidak bisa disalahkan karena dia memiliki 1000 alasan “mengapa saya tidak salah.” Dia suka mencampuri urusan orang lain karena dia memiliki solusinya. Dia selalu mengkritik cara kerja orang lain karena dia tahu cara kerjanya efisien. Dia langsung menutup diskusi ketika orang mengkritik dirinya. Dan yang paling tidak masuk akal adalah dia tidak merasa dirinya itu bikin orang lain bete ! Yaaaah Tuhanku….!!!

Saya yakin anda bisa melanjutkan karakteristik – karakteristik orang yang tidak dewasa. Namun semua ciri yang sudah saya tulis dan muncul dalam pemikiran anda bisa diringkas menjadi satu kata yaitu “menjengkelkan.”

Orang yang tidak dewasa menjengkelkan karena pemikirannya tertutup. Mengapa bisa tertutup pak ? Karena ia merasa mengetahui segala yang diperbincangkan. Ia juga tahu bahwa segala hal yang tidak diketahuinya adalah kebohongan semata-mata. Inilah yang saya sebut dengan pemikiran yang tertutup. Apa yang saya ketahui itulah satu-satunya kebenaran universal. Sedangkan yang tidak saya ketahui adalah kebohongan massal. Sekilas, orang ini kelihatan pandai dan menguasai topik yang dibicarakannya. Jika kita tanya lebih dalam dan mendetail, akan kelihatan bahwa dia sebenarnya mengerti kulitnya saja. Jika kita membantahnya, dia akan bersikukuh dengan pemikirannya sekalipun logikanya salah.

Hebatnya, dengan beraninya dia mengatakan bahwa pemikiran mereka salah…wakakakakakak….. Ueeeedan Tenan

Jika anda tidak pernah bisa menerima pemikiran orang lain berhati-hatilah dengan pola pikir anda. Tetapi, bagaimana saya bisa mengetahui kebenaran dan kesalahan pemikiran saya ? Apakah saya memiliki pemikiran yang tertutup atau sedang mempertahankan kebenaran ? Pertanyaan ini seperti sebuah pertanyaan tentang agama yang benar ! Menurut anda, agama mana yang benar ? Kristen ? Katolik ? Hindu ? Budha ? Atau Islam ? Kebenaran adalah sesuatu yang sulit dipahami oleh manusia, karna itu Rosul pernah bertanya kepada salah seorang pejabat pemerintahan, “Apakah kebenaran itu ?”

Karakter tidak dewasaTerlepas dari topik agama yang benar, sifat kebenaran adalah universal. Apa yang benar di sini, pasti benar juga di sana. Apa yang benar di Surabaya, pasti benar juga di Jakarta. Dan semua yang dianggap benar di Amerika pasti juga benar jika diterapkan di seluruh dunia. Demikian pula dengan hal yang salah. Jika di sini salah, jangan harapkan anda akan dibenarkan di tempat lainnya. Demikian pula dengan pemikiran anda. Pemikiran yang benar pasti akan dibenarkan seseorang sekalipun anda baru mengenalnya.

Jadi, cara menguji pola pikir anda sendiri adalah melalui penilaian orang lain. Jika 8 dari 10 mengatakan bahwa anda memiliki pemikiran yang tertutup, segera perbaiki diri anda ! Herannya, banyak sekali orang yang memiliki pemikiran tertutup tidak pernah menguji dirinya dengan orang lain. Makanya jangan heran mengapa mereka tidak bisa berubah ! Karena pada hakekatnya mereka takut dengan kebenaran. Jika mereka membantah dengan menjawab pernah menguji pemikirannya sendiri, ketahuilah bahwa mereka menanyakannya pada orang yang sama-sama memiliki pemikiran tertutup. Kesamaan adalah salah satu alasan kita berjalan bersama. Sama hobinya, sama sifatnya, sama pemikirannya, sama tujuannya, dan sama-sama tempat kerjanya.

Ketika seseorang menutup diri dan pola pikirnya, maka tidak ada yang bisa kita lakukan untuk merubah karakternya. Anda tidak bisa mengubah pendiriannya dengan logika karena dia memiliki logika sendiri. Anda juga tidak bisa menyalahkan logikanya karena dia memiliki alasan-alasan mengapa dia berpikir demikian. Dia adalah Tuhan yang tidak bisa salah ! Satu-satunya bukti yang bisa kita pakai untuk menyerangnya adalah hasil kerjanya. Sayangnya hal ini malah mengobarkan api dendam dalam hatinya.

Segala pekerjannya selalu tidak pernah selesai. Dia tidak pernah menyelesaikan pekerjaan yang dimulainya. Dia memiliki standar yang tidak bisa dicapainya. Dia kebingungan dan tidak berani memutuskan. Dia tidak mau kerja dua kali. Dan karena itu dia tidak pernah mau melakukan langkah perubahan. Semua orang tidak suka kerja dua kali, termasuk saya. Namun, kadang-kadang kita harus bekerja berulang kali karena beberapa sebab. Pengulangan adalah satu-satunya cara kita untuk belajar hal yang baru. Dari kesalahanlah kita bertambah pintar, dan kesalahan adalah guru terbaik kita. Kesalahan dan keberhasilan membentuk pengalaman. Dan pengalamanlah yang membuat kita menjadi ahli. Sayangnya, prinsip dasar ini tidak dipelajari mereka yang tidak dewasa dan tertutup. Seandainya mereka mau menerima prinsip ini, insya Allah mereka tidak akan memiliki pemikiran yang tertutup.

Jika anda berhasil memenangkan sebuah perdebatan, jangan berpikir jalan anda akan mulus. SALAH ! Anda telah menciptakan musuh dalam selimut. Di depan, dia akan terlihat manis, bersahabat, dan mengalah. Di belakang anda, dia siap – siap untuk menusuk dari belakang. Dia memiliki waktu dan kesabaran yang luar biasa besar karena orientasinya adalah menikam anda. Dia tidak peduli dengan hasil. Begitu anda menjadi targetnya, anda tidak akan pernah dilepaskannya. Dia tidak peduli dengan cara-cara yang akan dilakukannya, segala cara halal di matanya.

Dia bisa memakai teman baik anda, atasan anda, istri anda, mertua anda, orangtua anda, siapa saja yang berada di pihak anda untuk melawan anda. Cara ini bisa berhasil karena dilakukan secara konsisten. Sebuah kebohongan yang dilakukan terus-menerus pada akhirnya akan menjadi sebuah kebenaran. Inilah cara seoran politikus mengubah kebohongannya menjadi kebenaran. Juga cara Hitler mempropagandakan kebencian terhadap bangsa Yahudi sekaligus menjadikan dirinya sebagai Tuhan. Energinya tidak bisa habis karena dikobarkan oleh api kebencian dan dendam !

Sangat berat jika harus tinggal bersama dengan orang model beginian. Entah itu di tempat kerja ataupun di rumah. Tidak bisa disalahkan, tidak bisa diharapkan dan tidak pernah menyelesaikan pekerjaan. Parahnya, dia suka mencari – cari kesalahan, membesar-besarkannya, memutar balikkan fakta, dan berpikir membantu kita.

Pikiran Tertutup.
PENYEBAB KARAKTER YANG TIDAK DEWASA:
Dari yang saya ketahui, penyebab utama ketidakdewasaan karakter seseorang adalah terlalu dimanja. Apa sih artinya dimanja ? Apakah sayang anak dengan manja itu berbeda ? Di mana letak perbedaannya ?

Semua orang pasti sayang anak, melakukan semuanya demi anaknya. Kerja siang-malam untuk beli susu, bayar uang sekolah, bayar les inggris, les mandarin, beli mainan, dan vitamin untuk meningkatkan kepandaiannya. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Tapi, dunia anak berbeda dengan dunia orang dewasa. Suatu saat anak akan bertambah besar dan hidup di dunia orang dewasa. Bagaimana pendapat anda tentang dunia orang dewasa. atau dunia kerja ? Apa yang dibutuhkan supaya bisa bertahan bahkan berkembang di dunia ini ?

Bandingkan jawaban anda dengan cara anda mendidik anak anda saat ini. Anda bisa menuruti keinginan anak anda, tetapi ketika mereka dewasa nanti, untuk dapat memiliki sesuatu harus membelinya dengan uang. Anak -anak mengharapkan orangtua mereka untuk menjaga hidup mereka, ketika dewasa hidup mereka tergantung pada usaha mereka sendiri. Anak-anak belajar benar dan salah dari orang tuanya , dunia kerja memandang benar dan salah secara abu-abu. Anak-anak hanya tau menyenangkan diri sendiri, keberhasilan di dunia kerja hanya mungkin jika berhasil menyenangkan orang lain. Anak – anak menangis untuk mencari perhatian, dunia kerja hanya memperhatikan orang yang menghasilkan.

Menyayangi anak berarti menyiapkan mereka menghadapi dunia orang dewasa. Hukum anak-anak tidak berlaku di dunia kerja. Kesuksesan anda dalam dunia kerja tidak berarti kesuksesan anda mendidik anak. Tolong pahami baik-baik kebenaran ini. Tidak salah jika anda memiliki pemikiran cukup kami sebagai orangtua saja yang menderita, jangan sampai anak-anak kami juga menderita dan kekurangan. Tetapi, dari kekurangan dan penderitaanlah anda bisa berhasil ! Menjauhkan anak-anak dari kesengsaran tidak mendidik mereka, sebalikmya malah menghancurkan masa depannya.

Anak Manja Anda pikir, memanjakan anak hanya merusak masa depannya ? Salah besar ! Memanjakan anak merusak masa depan semua generasi setelahnya ! Artinya, masa depan cucu anda, cicit anda bahkan menantu anda.

Prinsipnya sederhana, apa yang anda ketahui itulah yang anda lakukan ! Cara orang tua anda mendidik anda akan anda terapkan kepada anak anak karena itulah cara yang anda ketahui. Dan cara anak-anak anda mendidik cucu anda dipelajari dari anda ! Inilah rantai keberhasilan sekaligus rantai kegagalan. Jika ajaran anda baik, tambah lama akan bertambah baik hasilnya. Sebaliknya, didikan salah anda saat ini akan menjadi semakin besar seiring berjalanannya waktu dan keturunan anda. Saya menyebutnya sebagai logika karma. Kekurangajaran anda kepada orangtua anda akan ditiru oleh anak-anak anda. Dan ketika mereka menjadi dewasa, kekurangajaran mereka jauh melampaui sikap dan perbuatan yang pernah anda lakukan kepada orangtua anda. Membayangkan saja begitu mengerikan, apalagi jika anda mengalaminya sendiri ! Wuuiiiih…..kasihan Sekali…!!! Tetapi itulah karma yang harus anda jalani. Apa yang anda tabur itulah yang akan anda tuai ! Ini hukum alam atau hukum Tuhan. Tidak ada yang bisa lari dari sini, baik hidup ataupun mati !

KESIMPULAN:
Saya tidak tahu bagaimana menghadapi orang yang tidak dewasa ini. Karakternya kekanak-kanakan, menjengkelkan, keras kepala, dan merusak. Satu-satunya cara adalah membuat mereka membuka pola pikirnya. Jika anda berhasil, maka dia akan berubah. Masalahnya adalah bagaimana membuatnya mau merubah cara berpikirnya ?

Sementara saya mencari-cari cara, yang bisa anda lakukan adalah mencegah melalui anak-anak anda. Didiklah mereka dengan memandang jauh kedepan, mengajarkan hukum dan aturan dunia kerja sedini mungkin. Keras ? Ya, karena itulah dunia sesungguhnya. Kejam ? Jauh lebih kejam dunia yang kelak harus mereka hadapi. Pembalasan ? Hanya pengampunan yang terbukti benar-benar menyelesaikan masalah. Kuatkan iman dan kepercayaan anak anda kepada Tuhan, karena hanya itulah satu-satunya kekuatan dan pengharapan mereka. Anda akan mati, tetapi Tuhan itu kekal. Kekuatan anda terbatas, kekuasaan Tuhan maha dahsyat. Suatu saat anda akan menemui jalan buntu, saat itulah Tuhan akan membuka jalan bagi mereka ! Amin !
Sekilas itulah gambarannya… He he he . . . Edan Tenan… Semoga Bermanfa’at dan Berkah…. Salam Rahayu kanti Teguh Slamet Selalu
Ttd: Wong Edan Bagu
Pengembara Tanah Pasundan
http://putraramasejati.wordpress.com

http://wongedanbagu.blogspot.com
Posting Komentar